Sejarah Singkat

—Kondisi perguruan tinggi ARS pada waktu itu cukup memprihatinkan, suasana akademik kurang terlihat menggembirakan, sarana prasarana minimalis, tetapi semangat belajar mahasiswa yang masih tersisakan tetap menggelora di setiap diri mahasiswa, sehingga hal tersebut menjadi salah satu pendorong para dosen untuk tetap setia mengabdi menjadi pejuang-pejuang pendidikan di lingkungan pendidikan tinggi ARS Internasional. —Potret buram tersebut perlu segera dicari alternatif solusi agar  adanya pencerahan ke arah lebih baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berbasis pada program studi di perguruan tinggi ARS Internasional, sehingga tercetus ide untuk pendirian SMK MVP ARS INTERNASIONAL pada Tahun 2009. —

Pendiri : 
Ir. H. Joddy Hernadi, MSEE
Dr. H. Purwadhi, M.Pd
H. Sutarso, SH., MH, MM
Drs. Tia Sugiri, ST., M.Pd
Drs. Deddy Hermadi (NA) 

Nama ARS diambil dari pronunciation ”R’s” yang dikenal sebagai ”US idiom” dari ”The Three R’s” yang berarti: Reading, (w)Riting, dan (a)Rithmatic, yaitu tiga dasar kehlian dalam belajar. Hal ini menunjukkan keinginan dari para pendiri untuk mendirikan suatu perguruan yang mampu mempersiapkan lulusannya dengan pengetahuan dan keterampilan tinggi di dalam pendidikan.

Nama Internasional sendiri mengandung pengertian:
1) kurikulum secara bertahap didisain sesuai dengan pasar kerja internasional,
2) menerima siswa asing, dan
3) interaksi studi menggunakan Bahasa Internasional (Inggris/Arab) disamping bahasa Indonesia, sehingga diharapkan lulusannya mempunyai kemampuan daya saing internasional.

SMK = Sekolah Menengah Kejuruan
MVP = Multi Vocational Platform
ARS = Aritmetic, Reading and (w)Riting


”US idiom” dari ”The Three R’s” yang berarti: Reading, (w)Riting, dan (a)Rithmatic, yaitu tiga dasar kehlian dalam belajar, istilah dalam bahasa sunda CALISTUNG (maca – tulis – ngitung) INTERNASIONAL = lulusannya diharapkan bisa bersaing baik di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.